Kita hidup di era digital di mana gadget dari pc dan smartphone hingga tablet sudah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Terlebih lagi anak-anak hari ini mengambil iPad dan mencari tahu aplikasi seperti bagaimana ikan dibawa ke air. Dengan anak-anak menjadi lebih mengerti teknologi seiring berjalannya waktu, tidak ada alasan kenapa mereka tidak dapat mempelajari dasar-dasar di belakang teknologi favorit mereka. Itu benar, kami mengatakan kalau tidak ada alasan mengapa kamu tidak dapat mengajarkan pemrograman kepada anak-anak kamu sejak umur muda.
Ini tidak hanya akan mengembangkan keahlian pemrograman analitis anak-anak di umur dini namun juga akan membantu mereka mendapatkan cerminan apakah mereka mau jadi seseorang programmer di masa depan. Di sini kami telah mengumpulkan untuk kamu 10 alat pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar dan meningkatkan kemampuan pemrograman pada anak-anak. Sebagian besar alat yang terdaftar didasarkan pada bahasa pemrograman visual yang mempunyai antarmuka drag-and-drop untuk pemrograman. Alat yang penuh warna dan menarik ini pada akhirnya akan menolong membangun kemampuan pemrograman anak kamu.
Daftar Isi
CodeSpark Academy
Anak-anak memimpin perjalanan coding mereka sendiri dengan codeSpark Academy. Aplikasi belajar kode#1 untuk anak-anak umur 5-10 tahun memberi anak-anak kebebasan untuk bermain teka-teki interaktif yang menyenangkan, atau membuat dan membuat kode cerita dan game mereka sendiri.
Tidak hanya menjadi program coding untuk anak-anak di rumah, CodeSpark Academy juga ada di sekolah umum, perpustakaan, dan lembaga nonprofit, dengan kedatangan di lebih dari 1/3 distrik sekolah di Amerika Serikat.
Dengan lebih dari 30 juta pembuat kode anak dan terus bertambah, CodeSpark Academy tengah membangun generasi pembuat kode dan pembuat kode berikutnya, satu game pada satu waktu.
Hopscotch
Hopscotch menjelaskan bahwa pemrograman dirancang untuk semua orang. Dengan menggunakan Hopscotch, kamu dapat mengajarkan dasar-dasar pemrograman kepada anak kamu dengan mudah. Saat ini, kamu hanya dapat mengunduh aplikasi Hopscotch secara gratis di iPad.
Hopscotch memungkinkan anak-anak kamu mengembangkan game, cerita, animasi, dan banyak program interaktif mereka sendiri dengan menyeret dan menjatuhkan blok kode. Seseorang dapat menggoyang, memiringkan, atau terlebih lagi berteriak di iPad untuk mengendalikan karakter dalam program.
Scratch
Scratch merupakan bahasa pemrograman dan komunitas online, yang dikembangkan dan dikelola oleh grup Lifelong Kindergarten di MIT Media Lab. Scratch merupakan layanan gratis untuk digunakan dan memungkinkan anak-anak kamu membuat animasi, game, dan cerita mereka sendiri.
Anak-anak kamu dapat berbagi kreasi mereka dengan orang lain di seluruh dunia menggunakan komunitas online Scratch.
Alice
Alice merupakan alat pemrograman 3D gratis yang memungkinkan seseorang membuat animasi untuk bercerita, memutar video interaktif, atau berbagi video di web. Tujuan utama dari Alice merupakan untuk memberikan anak-anak kamu paparan dasar untuk pemrograman berorientasi objek.
Dengan menggunakan Alice, siswa akan belajar membuat film animasi( berisi orang, hewan dan kendaraan) dan video game simpel.
Tynker
Tynker merupakan sistem pembelajaran pemrograman online yang dirancang untuk memotivasi anak-anak menerjemahkan ide kreatif mereka ke dalam game, proyek, dan cerita animasi, serta mengedarkan aplikasi mereka di web.
Tynker menggunakan bahasa pemrograman visual yang gampang di mana tidak ada sintaks pemrograman yang diperlukan tetapi hanya blok kode yang digabungkan bersama untuk membuat program. Ada anggaran untuk akses seumur hidup namun mereka menawarkan kursus mandiri online, misteri seluler, dan perkemahan masa panas juga.
Kodable
Kodable merupakan aplikasi pemrograman gratis untuk iPad. Tagline, “Belajar coding sebelum tahu cara membaca” diwujudkan melalui metode mereka belajar pemrograman melalui game yang menyenangkan.
Kodable dirancang khusus untuk anak-anak berusia 5 tahun ke atas, sehingga mereka dapat belajar pemrograman dengan bermain game dengan sedikit instruksi. Kodable memiliki 3 level pemrograman termasuk kelas K-2, kelas 3-5 dan kelas 6-12.
Stencyl
Stencyl cepat, gratis, dan aman. Ini memungkinkan kamu untuk mengembangkan game dengan menggunakan antarmuka drag and drop (block-snapping), dan tidak diperlukan pengkodean sama sekali.
Kalau kamu tidak ingin memakai antarmuka block-snapping hingga kamu dapat mengetikkan kode juga. Stencyl memiliki support platform yang luas dan game yang dikembangkan di Stencyl dapat dimainkan di Android, iOS, Windows, Mac, dan Linux juga.
RoboMind
RoboMind merupakan alat pemrograman untuk anak-anak yang memakai bahasanya sendiri yang dituturkan ROBO. Ini yakni bahasa yang sangat simpel yang tidak membutuhkan pengetahuan pemrograman sebelumnya.
Tujuan utama RoboMind merupakan untuk memindahkan robot virtual pada grid 2 dimensi dan melaksanakan tugas-tugas simpel. Dengan menggunakan RoboMind, anak-anak kamu dapat menekuni dasar-dasar kecerdasan buatan dan kemudian menggunakannya pada perangkat robotik nyata seperti LEGO Mindstorms NXT 2.0. RoboMind membagikan uji coba gratis alat mereka selama 30 hari.
Waterbear
Waterbear merupakan toolkit pemrograman yang aman dan free untuk digunakan untuk anak-anak yang menggunakan pendekatan drag and drop untuk tujuan pemrograman. Waterbear merupakan bahasa pemrograman visual yang berarti tidak perlu mempelajari sintaks untuk memulai pemrograman dengannya.
Anak-anak dapat membuat file baru, melihat contoh kreasi lain dan bermain-main dengan fitur yang berbeda antara lain. Bahkan ada deskripsi untuk tiap elemen yang mudah diikuti juga.